Tue. Aug 3rd, 2021

Este Nadia Blog

Blog Este dan Nadia

Waspada! Hindari Mengkonsumsi Multivitamin Zegavit Jika Sudah Terdapat Tanda Kerusakan

2 min read

Kondisi multivitamin Zegavit penting untuk Anda perhatikan ketika ingin mengkonsumsinya. Yaitu karena bisa saja beberapa seller lupa memeriksa tanggal kadaluarsa atau ternyata kemasan mengalami kerusakan. Jika demikian cobalah untuk melakukan pengecekan secara detail.

Ciri-ciri Produk Zegavit yang Tidak Layak Konsumsi

Ada beberapa ciri-ciri obat yang tidak layak konsumsi sehingga jika terus dipaksakan maka bisa saja akan memberi dampak buruk. Hal ini sangat penting untuk diketahui utamanya ketika akan melakukan pembelian melalui media online seperti marketplace atau lainnya. berikut ulasannya:

  1. Tablet Salut yang Sudah Pecah-pecah

Umumnya tablet baru akan cukup sulit untuk dipecah bahkan harus menggunakan alat tertentu untuk memudahkan prosesnya. jenis tablet salut sendiri yakni dilapisi gula atau penyalut film dengan karakter lebih kokoh jika dibandingkan dengan lainnya.

Meskipun kokoh namun tablet ini didesain khusu agar mudah larut ketika masuk ke dalam saluran pencernaan. Ketika sudah warnanya berubah memudar maka sebaiknya jangan dikonsumsi dan silakan untuk membuangnya. Biasanya ditandai dengan kemasan luarnya rusak misalnya robek.

  1. Tablet Menjadi Lebih Rapuh

Ketika Anda mendapati multivitamin dengan kondisi tablet rapuh ketika aka mengkonsumsinya maka sebaiknya segera membuangnya karena hal ini bisa saja menjadi tanda jika telah kadaluarsa. Sebenarnya sifatnya sendiri tidak menyerap air karena terdapat lapisan di bagian luarnya.

Di samping itu perhatikan juga apakah terjadi perubahan warna, aroma, dan rasa. Terkadang juga tablet terkena jamur dengan ciri-ciri muncul bintik hitam di sekitar produknya meski telah tertutup rapat. jika telah terdapat tanda demikian maka segera buang dan jangan dikonsumsi.

  1. Produk Menjadi Lebih Lembek

Ada beberapa perubahan yang akan terjadi ketika obat telah mengalami kerusakan salah satunya yakni teksturnya menjadi lembek. Kemungkinan penyebabnya adalah udara tempat penyimpanan terlalu lembab atau kemasan terdapat lubang terbuka sehingga membuat air masuk.

Saat hal ini terjadi obat sudah tidak layak untuk digunakan kembali dan bisa menimbulkan bahaya jika tetap Anda pikirkan. Cara memeriksanya yakni coba buka kemasan, jangan langsung mengkonsumsinya namun tekan sedikit pada bagian luarnya dan coba rasakan reaksinya.

  1. Obat Menjadi Lengket

Saat terlalu lama disimpan di suhu yang tidak sesuai dengan aturan,maka multivitamin bisa saja memberikan efek merusak pada produk dengan tanda-tanda lengket. Terkadang hal ini sebagai tanda jika terlalu lama disimpan meski pada tempat dengan suhu normal.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena saat ini sebagian besar penyedia akan melakukan pengecekan secara berkala pada produk-produknya untuk menjamin kualitas. Sebagian besar memberikan dengan masa kadaluarsa cukup tambahkan mencapai satu tahun.

  1. Sering Disimpan di Bawah Sinar Matahari

Terdapat larangan menaruh obat di bawah sinar matahari akan akan memberikan pengaruh buruk dan membuat kerusakan. Oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk menyimpan di tempat dengan suhu ruangan serta tidak lembab guna mencegah perubahan tekstur.

Obat memiliki masa expired yang tidak boleh Anda gunakan jika telah melewati masanya. Ada beberapa tanda jika hal ini terjadi seperti tiba-tiba mudah patah, hancur meski kemasannya masih rapi, warna memudar, atau lengket di dalam wadah.

Itu;lah penjelasan singkat mengenai cara mengetahui multivitamin yang masih layak untuk digunakan atau tidak. sebelumnya pastikan membeli di penyedia terpercaya agar tidak sampai mendapatkan kualitas buruk seperti telah mendekati masa kadaluarsa atau lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *