Fri. Jun 25th, 2021

Este Nadia Blog

Blog Este dan Nadia

VIRAL Video Pemuda Bangun Cafe Bersama Teman, Hari Pertama Buka Pengunjung Membludak

3 min read

Terdapat sebuah video viral yang memperlihatkan sekelompok pemuda yang sedang membangun cafe bersama sama. Video tersebut diunggah oleh pemilik akun TikTok @pinapanski pada 25 Desember 2020 lalu. Hingga saat ini Sabtu (6/2/2021), telah ditonton sebanyak 2,1 juta kali dan disukai oleh 194,2 ribu penguna TikTok.

Alif mengatakan, cafe yang bernama D Day's Nongkrong ini, dibuka pada 19 Desember 2020. Ia mengaku pada hari pertama dibuka, pengunjung yang datang sangat banyak, bahkan sampai membludak. Karena banyak pengunjung yang ingin mengetahui bagaimana cafe yang dibuat Alif bersama teman temannya ini.

"Opening kita buat di dua hari pertama di tanggal 19 dan 20. Alhamdulillah membludak, soalnya kita diskon juga kan karena perkenalan. Kita discount 50 persen all item ." Alif mengaku awalnya bersama kesepuluh temannya memang hobi nongkrong. Mereka juga sering pindah pindah cafe di sekitar Cibinong dan Bogor.

"Setiap kita nongkrong kita ketemu temen temen yang kenal, ke sini ada yang kenal, ke sini ada yang kenal. Kan daripada gitu mending kita buat satu tongkrongan kita pindahin orang orang yang kita kenal ke tempat kita," kata Alif. Ia juga menambahkan, selama ini sering bingung mencari tempat yang bisa buka hingga malam hari. "Kita bingung juga kita sering nongkrong sampai malem, tapi rata rata tempat nongkrong yang kita datangi tutup jam 10. Padahal itu saat enak enaknya ngobrol," ucapnya.

Menurut Alif, pembangunan cafe dilakukan bersama sama. Mulai dari bangunan, gerobak, furniture dan lainnya. Untuk dananya diperoleh dari hasil patungan bersama teman temannya.

"Dananya kita patungan bareng bareng, cuma untuk besarannya kita enggak patokin mesti berapa. Jadi ada yang bisa lebih ada yang bisa kurang, jadi kaya sistem aset aja gitu," terang Alif. Cafe yang bernama D Day's Nongkrong ini dibangun sejak November hingga Desember 2020. Dalam proses pembangunannya, tentu terdapat kendala yang dialami.

"Kendala ada, sebenarnya yang basic di bangunan cuma satu orang dan kebetulan saya sendiri. Nah temen temen kan enggak ada basic buat ngebangun, ibaratnya buat nguli atau buat jadi tukang, ya mesti diarahin lah." "Pinter pinter ngarahin, harus coba belajar lihat di YouTube dan internet untuk tahu bagaimana caranya. Ya Alhamdulillah pada bisa si," tutur laki laki berumur 22 tahun ini. Alif dan teman temannya mempunyai peran masing masing dalam proses pembangunan.

Teman perempuan Alif bertugas untuk menyiapkan konsumsi dan membantu pekerjaan yang sekiranya tidak terlalu berat dilakukan. Ada juga bertugas untuk memikirkan manajemen cafe, bagaimana proses pembukaannya serta bagaimana desain openingnya nanti. Teman yang lain bertugas sebagai pengiklan, bahkan ada yang sudah mencari pelanggan sejak awal pembangunan cafe.

"Kita sudah buat penasaran dulu, dari awal pembangunan kita selalu upload dokumentasinya di sosial media seperti Instagram dan TikTok." "Jadi orang orang atau teman kita, ibaratnya kita bersepuluh satu orang punya seribu followers , kita bisa kumpulkan orang sampai 10 ribu yang lihat posting annya. Pas kita upload akan bikin mereka penasaran dan pas udah jadi mereka pada dateng," kata Alif. Jika ditanya perihal tema yang diusung untuk cafenya, Alif mengaku masih bingung.

"Tema masih bingung, karena dibilang cafe banget juga enggak bisa, warkop enggak bisa, dibilang angkringan juga enggak bisa." "Kita bikinnya ya tongkrongan aja, soalnya makananya juga enggak spesifik seperti salah satu tempat itu. Jadi kita kaya warung jajan aja tapi tempatnya enak buat nongkrong," terangnya. Banyak menu makanan dan minuman yang disediakan di D Day's Nongkrong ini.

Di antaranya ada kopi, berbagai minuman kemasan, sosis bakar, mie ayam. Terdapat juga bermacam snack, seperti kentang goreng, cimol, cireng, tahu bulat dan lainnya. Day's Nongkrong lokasinya berada di Sebrang SDN Karadenan 01 Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

Buka dari pukul 16.00 WIB hingga 23.00 WIB Harga yang ditawarkan di cafe ini juga disebut cukup terjangkau. Menurut Alif, bisnis cafe bersama temannya ini tak dijadikan sebagai penghasilan utama.

"Kalo saya si lebih ke gimana kita punya usaha bisa punya tempat nongkrong yang nyaman. Kita bisa ngumpul bareng bareng terus kita dapat ilmu berbisnis paling enggak." "Jadi seandainya kita mau buka usaha masing masing sendiri udah pada tahu, oh gue pernah gini gue pernah gitu," tuturnya. Ia pun membenarkan jika usaha bersama teman resiko pertengkarannya tinggi.

Jadi kalau ada yang bilang usaha bareng temen temen resiko berantemnya tinggi ya emang bener. Cuman kalau tujuan utama kita dari awal bukan uang, dan pembagian uangnya manajemennya jelas, rincian skema pengembaliannya jelas, bagi hasil yang jelas, terus pembukuannya terbuka, itu si aman buat saya" tegas Alif. Alif kemudian berpesan untuk anak muda yang ingin memulai bisnis sepertinya. "Kalau mau usaha, buat aja dulu kenapa enggak. Yang penting enggak usah takut, kalau udah jalannya ya ada jalannya."

Ia juga menambahkan jika ingin usaha jangan memikirkan capek, dan jangan takut gagal. Karena jika memang sudah jalannya, maka nanti akan ada caranya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *