June 16, 2024

Este Nadia Blog

Blog Este dan Nadia

Pinggang Belakang Sakit, Berikut Cara untuk Mengatasinya

2 min read
pinggang belakang sakit

Pinggang belakang sakit bisa dirasakan mulai dari ringan sampai berat. Pada beberapa kasus, rasa sakitnya bisa mengganggu aktivitas hingga susah berjalan atau tidak dapat tidur dengan tenang. Kondisi seperti ini biasanya disertai rasa sakit persisten sampau muncul sensasi ditusuk-tusuk.

Cara Mengatasi Pinggang Belakang Sakit

Apabila keluhan pinggang belakang sakit berlangsung selama lebih dari 3 bulan, maka Anda pun harus memeriksakannya ke dokter. Terlebih jika penyebab utamanya karena jatuh dan cedera. Hal sama berlaku jika mengalami sakit punggung disertai dengan masalah kandung kemih, demam hingga kelemahan kaki.

  1. Memperkuat Otot

Bagi Anda yang memiliki otot kuat terutama di bagian inti perut, maka akan membantu menopang bagian punggung. Dengan kondisi seperti ini, maka mampu meringankan rasa sakit di bagian pinggang belakang.

Anda bisa melakukan beberapa gerakan olehraga seperti yoga, taichi dan pilates. Tujuannya untuk memperkuat inti dan otot perut hingga sekitar pinggang. Namun tetap saja akan lebih aman apabila menerapkannya dengan konsultasi bersama para ahli.

  1. Kompres Menggunakan Air Hangat

Perlu Anda tahu bahwa air hangat bisa membantu meredakan berbagai rasa nyeri di mana saja termasuk juga pinggang bawah. Anda dapat mencoba berendam di dalam air hangat atau sekedar mengompres di bagian tertentu saja.

Saat ini pun sudah tersedia bantal pemanasa listrik sehingga terasa lebih praktis. Coba untuk mengoleskannya ke punggung selama 15 – 20 menit. Atur waktunya agar tidak sampai tertidur ketika masih menggunakannya.

  1. Memenuhi Kebutuhan Vitamin D dan Kalsium

Tentu Anda sudah tahu bahwa nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan tulang berasal dari mineral kalsium dan juga vitamin D. Langkah ini pun menjadi salah satu cara dalam mencegah nyeri pinggang di bagian bawah.

Pasalnya jika tubuh kekurangan kalsium maka dapat menyebabkan tulang mudah rapuh. Kondisi ini meningkatkan resiko terkena osteoporosis dimana gangguan ini menjadi salah satu penyebab dari timbulnya nyeri di pinggang bawah.

Ada beberapa cara mengatasi keluhan pinggang belakang sakit yang mungkin sedang Anda alami. Apabila berlangsung selama lebih dari 3 bulan, maka saatnya untuk berkonsultasi bersama dokter agar mendapatkan penanganan secara tepat.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *