Tue. Sep 27th, 2022

Este Nadia Blog

Blog Este dan Nadia

Pentingnya Memahami Siklus Haid

3 min read
siklus haid

Sebagian besar perempuan pasti merasakan menstruasi setiap bulannya, baik teratur atau tidak. Kondisi tersebut bisa terjadi karena berbagai faktor, stress atau banyak pikiran. Untuk itu, sangat penting untuk memahami siklus haid, karena bisa membantu untuk memahami kesehatan anda.

Mengapa Siklus Haid Penting untuk Dipahami?

  1. Mengetahui Masa Subur

Apabila perubahan siklus haid tidak teratur memang akan membuat perusahaan menjadi cemas, seperti cemas akan hal yang tidak diinginkan terjadi. Maka dari itu, sangat penting untuk mencatat perubahan siklus menstruasi di setiap bulan agar lebih mudah di masa depan.

Siklus menstruasi sangat penting diketahui oleh perempuan, karena mempunyai banyak sekali manfaat seperti membatasi anomali dan perencanaan kehamilan. Manfaat dari konsisten mencatat siklus menstruasi setiap bulan adalah membantu memahami peluang untuk bisa hamil.

Agar bisa hamil tentu anda harus mengetahui masa subur terlebih dahulu. Bagi pasangan muda yang baru menikah, sangat perlu untuk memahami hal tersebut sehingga lebih cepat mendapat keturunan. Sebagian perempuan yang telah menikah justru tidak memperhatikan siklus menstruasi, dan ini adalah hal yang harus anda hindari ketika telah menikah.

Dengan mengetahui masa subur yang pasti dari pencatatan siklus menstruasi, tentu sangat mampu untuk meningkatkan peluang kehamilan. Masa subur sendiri terjadi di sekitar masa ovulasi, tepatnya ketika ovarium melepaskan sel telur dan sel telur tersebut telah matang.

Ovulasi juga akan terjadi sekitar 12 sampai 14 hari sebelum periode menstruasi kembali dimulai. Pada umumnya masa subur perempuan terjadi pada hari ke-10 sampai ke 17. Pada intinya setelah hari pertama menstruasi, walau perlu diperhatikan bahwa hitungan ini tepat apabila siklus menstruasi berlangsung selama 28 hari.

  1. Sebagai KB Alami

Apabila anda telah menikah dan berkeinginan untuk menunda kehamilan, hasil catatan siklus menstruasi setiap bulan bisa anda manfaatkan. Catatan yang telah dibuat secara konsisten sangat mampu untuk menentukan masa subur atau masa tidak subur yang anda miliki.

Anda bisa menghitung masa subur dengan manual, karena siklus menstruasi setiap bulan mempunyai rentang kira-kira 26 sampai 32 hari lamanya. Adapun masa tidak subur tentu akan jatuh ke hari 21. Penetapan massa tidak subur tersebut bisa dihitung secara manual, sehingga bisa melakukan hubungan intim tanpa takut hamil.

Adapun hasil catatan siklus haid setiap bulannya bisa membantu sebagai KB alami untuk menunda kehamilan.

  1. Bisa Menentukan Umur Bayi

Usia bayi yang ada dalam kandungan anda memang bisa dilihat dengan mudah, yakni ketika melakukan USG pertama kalinya. Walaupun ketika anda berkonsultasi biasanya dokter dan bidan akan menanyakan tanggal terakhir menstruasi.

Jika anda konsisten mencatat siklus haid setiap bulan, maka akan sangat membantu karena rata-rata pasien yang datang hanya mengira kapan terakhir dia menstruasi. Padahal setiap masuk sesi kehamilan akan ditanya pertama kali siklus menstruasi tersebut dimulai.

Perlu diketahui lebih lanjut bahwa tanggal hari pertama haid terakhir akan sangat berguna. Hpht akan digunakan untuk memperkirakan usia kehamilan.

  1. Mengetahui Jenis Gangguan Selama Haid

Anda juga harus mengusahakan tidak menganggap sepele apabila terjadi keluhan seputar menstruasi. Keluhan yang terjadi seputar menstruasi bisa jadi, karena berhubungan dengan erat terhadap masalah kesehatan lain yang lebih serius salah satunya adalah PCOS.

Gangguan hormonal PCOS akan menyebabkan peningkatan volume ovarium atau sel telur yang terdiri dari folikel kecil berisi air. Gambarannya memang menyerupai kista yang kecil. Untuk itu akan sangat penting untuk mencatat siklus menstruasi setiap bulan yang bisa menolong anda di masa depan.

Siklus haid tersebut bisa membantu untuk mendeteksi berbagai masalah kesehatan, terlebih membantu mendeteksi lebih awal penyakit yang ada.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.