Wed. Dec 7th, 2022

Este Nadia Blog

Blog Este dan Nadia

Kilas Balik: Perkembangan Kripto dari Masa ke Masa

2 min read

Bagi kamu yang aktif dengan teknologi, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah kripto. Apalagi dengan adanya sejumlah public figure atau kalangan tertentu yang turut meramaikan sektor ini, prospek cryptocurrency Indonesia seperti Nanovest yang menawarkan kemudahan investasi digital juga semakin digemari.

Masih awam dengan topik ini? Berarti artikel ini memang tepat banget untuk menambah wawasan kamu. Supaya nggak ketinggalan topik terkini, yuk simak ulasan mengenai perkembangan kripto di Indonesia maupun di dunia berikut ini!

Perkembangan Kriptocurrency di Indonesia

Ternyata, awal mula dikenalnya kripto sebagai mata uang digital di Indonesia bermula dari narkoba loh, guys! Bisnis illegal ini menggunakan kripto untuk transaksi, karena dianggap lebih ‘aman’ dan cocok untuk menangani derasnya perputaran uang di dalamnya. Tak tanggung-tanggung, nilai asetnya bisa mencapai ratusan triliun, loh!

Supaya tidak semakin disalahgunakan, akhirnya dikeluarkanlah aturan pemerintah untuk mengawasi peredaran aset digital ini. Fyi, kripto mulai tumbuh secara sigifikan di Indonesia sejak tahun 2019.

Walaupun ke depannya  memang memiliki prospek yang menjanjikan untuk transaksi skala besar, posisi rupiah sebagai alat tukar yang sah tidak akan terganti. Sebagaimana yang sudah diatur dalam UU Mata Uang tahun 2011 nomor 7.

Perkembangan Kriptocurrency Dunia

Sekarang mari kita tengok perkembangan kripto secara global. Menggunakan sistem enkripsi, kripto mulai muncul sekitar pertengahan 1990an di Negeri Paman Sam. Memiliki hubungan erat dengan bitcoin dan sejenisnya, akhirnya kripto semakin populer semenjak sering digunakan dalam game online dan beberapa platform digital berbayar.

Jenis kripto yang tersebar di berbagai belahan dunia sangatlah beragam, dan diperkirakan akan terus berkembang seiring dengan terus datangnya gelombang keluhan terhadap uang konvensional.

Kegunaan Kriptocurrency

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, peminat kripto semakin meningkat dari hari ke hari. Hal Ini memang tidak bisa dilepaskan dari kegunaan serta keunggulannya yang beragam. Setidaklah inilah beberapa manfaat menggunakan kripto sebagai alat pembayaran.

  • Kripto sangat sulit dipalsukan. Hal ini dikarenakan penjaminan yang dibuat oleh sistem enkripsi khusus, sehingga meningkatkan sistem keamanan yang dimilikinya.
  • Kripto juga bisa digunakan sebagai alat investasi, selain saham, emas, properti, ataupun komponen lain yang sudah diketahui sebagai alat investasi sebelumnya.
  • Transaksi menggunakan kripto bisa dilakukan person to person, tidak seperti beberapa investasi lain yang masih harus menggunakan broker sebagai pihak ketiga.

Melihat sistem yang semakin membaik dan semakin banyaknya varian kripto di dunia, tentunya manfaat penggunaan kripto di masa depan diprediksi akan semakin membaik.

Bagaimana? Sudah ada gambaran tersendiri mengenai dunia kriptocurrency di Indonesia? Sejarahnya yang lumayan unik, iklim penggunaan kripto di dunia bisnis dan prospeknya di masa depan tentunya akan semakin menarik untuk digali lebih dalam. Apalagi kini juga semakin banyak platform yang bisa membantumu untuk menggunakannya. Tertarik untuk terjun ke dalamnya?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *