July 17, 2024

Este Nadia Blog

Blog Este dan Nadia

Intip Beberapa Jenis Bahan Konstruksi Beserta Kisaran Harganya

2 min read

Ada rencana untuk membangun rumah di tahun ini? Sebelum membangun rumah, ada baiknya kamu mengetahui material bangunan dan harganya. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya pembengkakan anggaran pada pembangunan rumah. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memilih material bangunan yang cocok untuk rumah kamu, misalnya apakah rumah kamu cocoknya menggunakan bata merah atau bata ringan sebagai dinding rumah? Apakah cocok dengan lingkungannya? Maka dari itu, mari kita intip beberapa material bangunan beserta kisaran harganya.

  • Batu Alam

Material bangunan ini biasa digunakan untuk pembuatan pondasi dan pengecoran dalam beton rumah. Batuan alam seperti batu kali hingga batu gunung biasa digunakan sebagai bahan utama untuk pembuatan pondasi dan kisaran harganya biasanya sebesar Rp 1,2-2 juta per-colt/truk.

  • Besi Beton

Material bangunan yang satu ini biasa digunakan untuk penulangan yang akan dilakukan pada konstruksi beton. Ada berbagai macam ukuran besi beton mulai dari 6 mm hingga 25 mm dengan panjang mencapai 12 meter. Kisaran harga dari besi beton ini mulai dari Rp 26-44 ribu per-batangnya.

  • Batu Bata

Penggunaan batu bata adalah untuk membuat dinding pada rumah dengan cara tumpukan bata diterapkan bersama adonan semen dan pasir sebagai perekat. Tidak hanya menggunakan batu bata, alternatif lainnya adalah menggunakan bata ringan. Kisaran dari harga batu bata adalah Rp 725/per-buah.

  • Semen

Material bangunan ini juga merupakan material penting dalam pembangunan sebuah rumah, misalnya saja dalam pembuatan pondasi, semen bisa dijadikan bahan campuran untuk konstruksi beton. Harga dari semen pun bervariasi, tergantung merek dan satuan berat yang akan digunakan. Kisaran harga dari semen adalah Rp70-90 ribu/sak.

  • Pasir

Salah satu material bangunan yang paling sering digunakan, karena pasir bisa digunakan sebagai adonan untuk membuat beton atau perekat dari batu bata pada dinding. Pilihan dari pasir pun beraneka ragam yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan pembangunan rumah. Kisaran dari harga pasir pun bervariasi karena tergantung jenisnya. Harganya berkisar mulai dari Rp560 ribu sampai Rp2,6 juta/colt.

  • Baja

Baja biasa digunakan sebagai sloof pada bagian atas pondasi rumah. Tidak hanya itu, baja juga sering digunakan untuk memperkuat struktur pada dinding untuk menahan beban dari atap bangunan. Keunggulan dari penggunaan baja adalah karena memiliki ketahanan pada karat dan rayap. Untuk kisaran dari baja sendiri bervariasi mulai dari Rp40 ribu hingga Rp150 ribu.

  • Kayu

Material bangunan satu ini sudah digunakan dalam pembangunan rumah sejak dahulu kala. Kayu sendiri multifungsi dalam proses membangun rumah. Biasanya kayu digunakan untuk pembangunan kusen pintu dan jendela, sebagai material pelapis dari dinding ataupun lantai, serta biasa digunakan untuk rangka dari atap rumah. Sama seperti material bangunan lainnya, kayu juga memiliki berbagai macam variasi. Seperti contohnya kayu kaso mahoni dan meranti kisaran harganya dimulai dari Rp20 ribu hingga Rp32 ribu per batang. Lain halnya dengan kayu jati yang kisaran harganya mulai dari Rp2,5-3,8 juta/batang.

Itu tadi tujuh material bangunan dan kisaran harganya. Mungkin di beberapa lokasi harga bisa mengalami perubahan dan bisa naik setiap tahunnya. Ada baiknya kamu bertanya terlebih dahulu kepada toko bangunan di daerah kamu untuk harga pastinya.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *