Sun. Dec 4th, 2022

Este Nadia Blog

Blog Este dan Nadia

Ikuti 4 Tips Sukses Merencanakan Liburan di Musim Hujan

2 min read

Sadar atau tidak, akhir-akhir ini cuaca seringkali berubah. Jika belasan tahun lalu kita masih bisa memastikan di akhir tahun pasti hujan dan di tengah tahun pasti kemarau, namun tidak dengan tahun ini. Karena pada kenyataannya, di akhir tahun belum tentu akan hujan dan di tengah tahun sangat mungkin hujan deras bahkan hingga badai menerjang.

 

Jika seperti ini, rencana liburan tentu jadi berubah. Bisa saja awalnya ingin sunbathing di pantai, berubah jadi rebahan di hotel sampai besok. Yah, jadi gagal liburannya, dong?

 

Eits, tenang saja, liburan masih bisa diatur kok. Supaya rencanamu tetap berjalan manis, ikuti tips berikut, yuk!

 

Tentukan destinasi liburan

Destinasi liburan tidak hanya seputar taman bermain, pantai, gunung, dan area outdoor lain. Masih sangat banyak sekali destinasi wisata yang ada di dalam ruangan (indoor). Jika sedang musim hujan seperti ini, sebaiknya pilih objek wisata indoor, seperti aquarium, museum dan pameran, sangat cocok ketika berlibur bersama anak-anak. Opsi lainnya, Anda bisa mengunjungi pabrik kuno, pemandian air panas, atau nonton di bioskop terdekat. Tak hanya itu, beberapa hotel di Jogja Malioboro ada yang menyediakan fasilitas hiburan di dalam hotel untuk Anda nikmati.

 

Selalu cek prakiraan cuaca

Musim hujan belum tentu selalu hujan setiap harinya, lho. Bisa saja ketika Anda berlibur, ada satu atau dua hari yang cerah. Maka, selalu cek prakiraan cuaca sehari sebelumnya atau sebelum mulai keluar dari penginapan. Jika misalnya hari ini rencana Anda ingin ke Pantai Indrayanti namun ternyata prakiraan cuaca menunjukkan akan terjadi hujan deras, sebaiknya langsung ganti rencana ke destinasi indoor yang lebih aman.

 

Selalu bawa obat-obatan

Musim hujan identik dengan penyakit flu, radang, demam, masuk angin, dan sebagainya. Jangan sampai Anda terkena penyakit tersebut ketika sedang berlibur, ya. Kuncinya adalah selalu bawa obat-obatan dan vitamin yang biasa diminum. Jadi ketika sudah ada gejala akan terkena flu, Anda bisa langsung mencegahnya dengan obat atau vitamin yang dibawa. Sebisa mungkin bawa sendiri apa yang Anda butuhkan dan jangan berpikir enteng obat atau vitamin Anda pasti ada di tempat liburan, karena kita tidak tahu kondisi di sana seperti apa. Apakah dekat dengan apotek dan minimarket, atau obat yang biasa Anda minum tidak dijual di sana, kita tidak pernah tahu pasti, kan?

 

Nikmati hujan dengan aman

Jika ternyata destinasi yang Anda wajib tuju menurut prakiraan cuaca akan turun hujan, mau tak mau Anda harus menikmatinya. Misalnya Anda berencana ingin ke Candi Borobudur Jawa Tengah untuk mengikuti perayaan lampion di Hari Waisak, tapi ternyata kemungkinan malam hari akan turun hujan ringan. Agar Anda tetap bisa mengikuti acara, bekali diri dengan payung, jas hujan, tas waterproof, dan sandal anti slip. Walau basah, Anda tetap aman, kan?

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *