Fri. Oct 22nd, 2021

Este Nadia Blog

Blog Este dan Nadia

Banyaknya Gempa Bumi dan Dampak Ring of Fire Bagi Indonesia

2 min read
bencana alam Indonesia

Indonesia memiliki sejarah yang mematikan dengan gempa bumi. Itu sering terjadi, tetapi gempa 14 tahun yang lalu dengan gempa berkekuatan 9,1-9,3 di lepas pantai Sumatera memicu tsunami yang menewaskan ratusan ribu orang di seberang Samudra Hindia. Negara di Asia Tenggara sangat menderita karena posisinya di grid besar lempeng tektonik, di mana semua negara dan lautan di Bumi berada. Dan inilah yang menjadikan dampak Ring of Fire bagi Indonesia.

Indonesia berada di titik pertemuan tiga lempeng benua utama lempeng Pasifik, Eurasia, dan Indo-Australia dengan lempeng Filipina yang jauh lebih kecil. Itu juga termasuk Ring of Fire, area berbentuk tapal kuda di sekitar tepi Samudra Pasifik, dari Australia hingga Andes, dimana 90% dari semua gempa bumi terjadi. Lokasi Indonesia membuatnya sangat rentan terhadap gempa bumi.

Lempeng bumi menggiling satu sama lain sepanjang waktu. Kadang-kadang mereka terjebak dan tekanan meningkat. Gempa bumi adalah merupakan pelepasan tekanan ini secara tiba-tiba dan keras. Kepulauan ini juga telah tercipta karena lokasinya di atas cincin, dengan banyak dari 17.000 pulau di negara itu terbentuk dari kekuatan tektonik dan vulkanik yang mendorong daratan, sering kali mengakibatkan bencana alam Indonesia berupa letusan atau magma dan abu.

Ada petak besar Indonesia di mana selalu ada gunung berapi di dekatnya. Dan daerah itu terkenal dengan ukuran ledakan vulkanik sebelumnya, dengan Krakatau di antara insiden sejarah baru-baru ini. Contoh gempa bumi yang terjadi di dekat gunung berapi terjadi pada bulan Agustus ketika serangkaian gempa mengguncang pulau Lombok, yang keberadaannya berasal dari Gunung Rinjani dan para pendahulu kunonya.

Letaknya yang berada di pertemuan empat lempeng, ditambah kecenderungan masyarakat untuk tinggal di dataran rendah yang dekat dengan pantai, membuat pulau-pulau di Indonesia sangat rentan terhadap tsunami serta dampak Ring of Fire bagi Indonesia. Gelombang besar dihasilkan, seperti yang terjadi pada Boxing Day pada tahun 2004 dan yang menewaskan 20.000+ orang di Jepang pada tahun 2011, ketika pergerakan lempeng bumi menggantikan volume air yang sangat besar.

Gempa baru-baru ini di Sulawesi menyebabkan kerusakan besar karena gempa melanda di dekat pusat populasi tinggi di Palu. Dan kota itu kemudian dihantam lagi oleh tembok air yang disalurkan mulai dari teluk ke kota di permukaan laut. Jepang, Turki, Meksiko, Pakistan, Nepal, Filipina, India, dan El Salvador juga termasuk di antara negara-negara yang paling rentan terhadap gempa bumi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *