July 17, 2024

Este Nadia Blog

Blog Este dan Nadia

6 Cara Belajar Gitar Otodidak, Mudah untuk Anda Ikuti!

2 min read

Sumber : https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-internet-duduk-bermain-7079151/

Bagi Anda yang ingin mulai bermain alat musik, cobalah memilih gitar. Gitar termasuk alat musik yang serba bisa. Anda dapat memainkan berbagai genre lagu dengan gitar. Tak perlu repot untuk mencari guru musik, ada beberapa cara belajar gitar otodidak yang bisa dengan mudah ditemukan melalui internet. Namun, untuk Anda yang awam, cobalah gitar akustik terlebih dahulu.

Sebab, gitar akustik adalah pilihan yang tepat untuk pemula. Hal tersebut karena alat musik ini tidak memerlukan perlengkapan tambahan saat Anda ingin berlatih. Jadi, cukup pelajari beberapa langkah di bawah ini dan mulailah bermain musik.

Cara Belajar Gitar Otodidak

Terdapat banyak sekali video tutorial untuk memulai bermain gitar. Namun, ada beberapa langkah penting yang harus Anda ketahui sebelum memainkan sebuah lagu dengan gitar yang Anda miliki.

1. Pelajari Chord Dasar

Catatlah beberapa chord dasar ini: A, Am, B, C, Cm, D, Dm, E, Em, F, dan G. Agar lebih mudah, gunakanlah posisi lepasan untuk kunci-kunci tersebut. Chord tersebut termasuk chord dasar karena tidak memerlukan penempatan tangan dan jari yang rumit. Setiap jari relatif jauh, kecuali chord B.

Posisi jari pada chord B mirip dengan posisi barre chord. Ketika Anda sudah bisa membunyikan semua dawai dalam posisi barre, pada dasarnya Anda sudah bisa memainkan semua chord mayor dan minor. barre chord juga termasuk cara belajar otodidak yang paling umum.

2. Pelajari Cara Tuning Gitar

Seiring dengan seringnya Anda berlatih, dawai gitar Anda akan mengendur. Hal ini sangat wajar, terlebih apabila bagian peg gitar sering tersenggol sesuatu. Maka dari itu, ketahui juga cara menyetel setiap dawai gitar seperti semula. Umumnya, tuning gitar dari senar paling tebal adalah: E, A, D, G, B, E’.

3. Latih Memori Otot Jari

Setelah menghafal seluruh posisi chord, mulailah berpindah dari satu chord ke chord lain. Coba mainkan setiap chord dengan 4 kali genjrengan/petikan. Saat pertama kali berlatih akan terasa membingungkan, namun, lama-kelamaan tangan dan jari Anda akan terbiasa. Saat itulah, memori otot Anda sudah terbentuk.

4. Mainkan Lagu yang Mudah

Cara belajar gitar otodidak selanjutnya adalah memainkan lagu. Biasanya, lagu yang mudah hanya memiliki 4 chord saja. Meski begitu, tantangannya adalah bermain bersamaan dengan lagu tersebut. Termasuk dengan tempo, pola ketukan, dan perubahan pola chord.

5. Kenali Tangga Nada

Memasuki ranah melodi, sekarang Anda belajar mengenai tangga nada dan polanya. Ketika Anda sudah memahami not mana saja yang membangun tangga nada tersebut, dijamin Anda tak akan fals.

6. Berlatih Rutin

Latihan secara rutin pasti akan menambah skill Anda, meski menggunakan lagu yang sama berkali-kali. Anda juga bisa lebih mengenal gitar milik Anda. Jadi, ketika Anda sudah sering berlatih, maka gitar, otak, dan tangan Anda akan bersinkronisasi dengan sendirinya untuk menghasilkan nada yang bagus.

Cara Belajar Gitar Otodidak Cukup Mudah, kan?

Itulah cara yang bisa Anda ikuti ketika memutuskan untuk mempelajari gitar secara otodidak. Tak ada kata terlambat dalam bermusik, Anda dapat memulai dari berlatih secara mandiri di rumah. Dedikasikan sedikit waktu untuk berlatih, maka Anda akan segera bisa bermain gitar dan bahkan mahir seiring berjalannya waktu.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *