June 11, 2024

Este Nadia Blog

Blog Este dan Nadia

5 Sikap Integritas dalam Film The Devil Wears Prada yang Patut Dicontoh

3 min read

Anda sudah pernah menonton film The Devil Wears Prada? Film tersebut bercerita tentang Andy yang diperankan oleh Anne Hathaway, seorang fresh graduate yang ingin bekerja sebagai jurnalis, namun nasib membawanya bekerja menjadi asisten Miranda Priestly di sebuah majalah fashion ternama. Pekerjaan Andy tidaklah mudah, banyak tantangan di dalamnya namun ia berhasil menjadi karyawan kesayangan Miranda yang berintegritas. Integritas adalah melakukan perbuatan baik dengan hati nurani, sesuai dengan nilai-nilai yang dianut, meliputi nilai kode etik, nilai moral pribadi, dan nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat. Lalu apa saja sikap integritas yang dilakukan Andy dalam film tersebut?

Berikut 5 contoh sikap integritas yang dilakukan oleh Andy yang patut kita contoh

 

  1. Berani Keluar Dari Zona Nyaman

Sosok Andy yang diceritakan memiliki ambisi untuk bekerja menjadi seorang penulis, namun kenyataannya ia mendapatkan nasib untuk bekerja menjadi asisten di perusahaan mode. Andy berani keluar dari zona nyamannya dan mengambil tantangan baru. Meskipun sangat sulit dan membutuhkan waktu namun Andy dapat membuktikan bahwa ia dapat beradaptasi bekerja pada lingkungan mode. Sosok Andy yang memiliki jiwa berani menghadapi kesulitan dengan kepercayaan diri dan hati yang mantap agar dapat berkembang dengan baik.

 

  1. Tanggung Jawab Akan Pekerjaannya 

Pada suatu waktu Andy dihadapkan oleh tugas yang berat oleh bosnya, Miranda Presley. Ia meminta Andy untuk mencari copy buku Harry Potter yang belum terbit untuk diberikan kepada anaknya. Pada saat itu terdapat seorang rekan kerjanya yang menyuruh Andy untuk berbohong bahwa buku tersebut sudah diberikan kepada anaknya, mengingat hal tersebut mustahil untuk ditemukan. Namun Andy berprinsip untuk selalu jujur dan bertanggung jawab akan pekerjaan yang diberikan. Ia berusaha keras untuk menghubungi seluruh penerbit dan toko buku agar mendapatkan buku yang belum terbit tersebut. Setelah berusaha cukup lama akhirnya Andy membuahkan hasil dan mendapatkan copy buku yang belum terbit tersebut. Sikap Andy yang memilih untuk mencari cetakan buku tersebut daripada harus berbohong merupakan sikap berintegritas yang akan selalu berpegangan pada prinsip yang ia yakini benar.

 

  1. Disiplin Tidak Menunda Pekerjaan

Bekerja sebagai seorang asisten bos fashion ternama membuat pergerakan pekerjaan Andy sangatlah cepat dan padat. Andy bertemu dengan deadline yang harus segera dikerjakan pada saat itu, serta wajib tahu mengenai topik trend model terkini. Sadar akan hal itu maka Andy disiplin tidak menunda-nunda pekerjaannya. Begitu bosnya berikan suatu tugas dia dengan sigap dan cekatan menyelesaikan tugas tersebut.

 

  1. Kerja Keras dan Diakui Bossnya

Pekerjaan Andy yang ia lakukan secara sebaik mungkin akhirnya membuahkan hasil. Kerja kerasnya selama ini diakui oleh bosnya. Ia mendapat pengakuan yang sudah sepantasnya dan lebih dihargai oleh orang-orang di sekitarnya. Etos kerja keras yang dilakukan oleh Andy sudah sepatutnya kita contoh ia tak kenal lelah dan tak akan berhenti sebelum mencapai target tujuannya. Andy yang bekerja keras tentunya tidak memiliki sifat malas karena akan mengganggu etos kerjanya.

 

  1. Sederhana

Meskipun Andy telah menjadi karyawan yang dicintai dan diakui oleh bosnya namun ia tidak menjadi seseorang yang sombong. Sifatnya yang selalu humble masih tetap ia pertahankan apapun jabatan yang ia dapatkan sekarang. Hubungan yang ia bina terhadap kekasih dan sahabatnya masih ia pertahankan baik-baik sebab merekalah yang menjadi suporter utama ketika Andy tidak bersemangat. Sikap sederhana yang Andy miliki ini sangat penting dalam mencegah tindakan korupsi yang bisa saja terjadi. Karena, salah satu pemicu korupsi ialah hidup mewah dan hidup tidak sesuai dengan gaji yang didapatkan.

 

Itu dia 5 sikap integritas dalam film The Devil Wears Prada yang dapat kita contoh. Keyakinan akan diri sendiri dan melakukan pekerjaan sebaik mungkin, bekerja keras tanpa lelah maka akan membuahkan hasil. Untuk informasi lainnya seputar integritas serta sikap anti korupsi yang musti dimiliki dalam lingkugan pekerjaan,  bisa Anda temukan dengan mengunjungi situs ACLC KPK. Semoga bermanfaat.

 

Referensi:

https://aclc.kpk.go.id/action-information/exploration/20220629-null

https://www.idntimes.com/life/women/amp/anna-mei/10-alasan-sosok-andy-the-devil-wears-prada-cocok-jadi-panutan-cewek-c1c2?page=all#page-2

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *